Bibit Benih Bunga

INDAHNYA HIDUP PENUH DENGAN BUNGA

Bila mendengar bunga, yang terlintas di pikiran yaitu tentang keindahan. Rumah yang di sekelilingnya di tanamani tanaman baik tanaman bunga ,tanaman daun, tanaman gantung, tanaman buah, tanaman sayur maupun tanaman obat akan membuat rumah terlihat lebih indah dan nyaman serta sehat. Baik itu sekedar kegemaran maupun kebutuhan, masing masing mempunyai manfaat yang sangat besar. Dari tanaman itu saja yang jelas merupakan pahlawan oksigen bagi makhluk yang sangat penting peranannya.

Jenis tanaman itu sendiri sangat bervariasi dan terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Tanaman bunga

Atau jenis tanaman yang berbunga, yang sangat banyak warnanya bisa membuat kesan indah dan ceria. Tanaman berbunga sendiri terbagi pada kelompok tanaman yang butuh banyak sinar matahari serta tahan hujan, atau yang hanya butuh sedikit sinar matahari dan tidak tahan air hujan .Jenis tanaman yang berbunga yang membutuhkan sinar matahari yang cukup contohnya seperti jenis mawar, melati, matahari, bogenvil, nusa indah, sakura, kanthil, kenanga, ekor kucing, peachock, pentas, kamboja, sepatu, arambosa, alamnda, nona makan sirih, soka, yolanda, lantana dll. Media tanam yang di gunakan kombinasi tanah atau kompos, sekam bakar, pupuk kandang, cocopiet. Adalagi tanaman yang hanya butuh sedikit sinar matahari dan juga tidak tahan air hujan misalkan bunga vinca, krisan, gloxinia, diantus dll.

 

2. Tanaman daun

Meskipun tanaman daun tidak berbunga tapi tidak kalah cantiknya karena bisa berkesan elegan. Tanaman daun sendiri bisa di golongkan menjadi tanaman indoor atau tanaman di ruangan dan tanaman outdoor atau tanaman yang hidup di luar ruangan. Tanaman indoor seperti lidah buaya, peach lily, anturium sangat berguna untuk kesehatan, karena bisa membersihkan udara atau zat kimia, misalkan asap rokok, cat tembok atau zat zat kimia yang terdapat di dalam ruangan. Media bisa menggunakan tanah, air atau hydrogell.Tanaman indoor bisa hidup tanpa sinar matahari. Adapun tanaman yang cocok di taruh di luar ruangan atau diteras misalka, jenis aglonema seperti simaorora, dona carmen,black lipstick dll. Dan bisa di tanam dengan media campuran tanah atau kompos, sekam dan pupuk kandang. Tanaman daun memang kebanyakan tidak butuh atau hanya sedikit butuh sinar matahari bahkan tanpa membutuhkan sinar matahari.

#Tanaman gantung

Modelnya yang menjuntai atau memanjang ke bawah, sangat cocok digantung di teras untuk memberi kesan sejuk dan asri. Tanaman gantung yang jenis daun biasanya tidak butuh sinar matahari yang banyak atau lebih cocoknya di bawah naungan seperti dibawah pohon yang rindang. Media tanam yang cocok komposisi tanah atau sekam kompos,sekam dan pupuk kandang.

#Tanaman buah

Seperti yang kita tau, buah sangat penting bagi kesehatan kita. Alangkah baiknya bila kita bisa menanam sendiri di pekarangan rumah. Selain manfaatnya menanam pohon buah karena pohonya yang memililki ukuran lebih besar dan tinggi bisa juga berfungsi untuk menyerap air dalam tanah, serta bisa memperindang sekitar rumah agar tidak terlalu panas. Atau yang tidak memiliki lahan yang luas bisa juga di tanam di pot atau planterbag. Karena bibit sekarang kebanyakan hasil dari okulasi atau sambung pucuk yang memiliki kelebihan lebih cepat berbuah daripada tanam dari biji.

#Tanaman sayur

Sayur wajib kita konsumsi setiap hari, jadi bayangkan kalau bisa menanam sendiri di pekarangan karena selain lebih hemat, fresh juga lebih sehat karena bisa di tanam secara organik. Sangat bagus untuk mengurangi zat zat kimia yang kita konsumsi setiap hari.

#Tanaman Obat

Tidak ada salahnya bila pengobatan kita di mulai dari rumah yaitu menggunakan tanaman obat atau tanaman toga yang sering kita sebut dengan obat herbal. Tentunya lebih aman buat kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Menanam sangat banyak manfaatnya, jadi tunggu apalagi..mari menanam,, karena menanam itu mengasyikan loh..!!

Mari hijaukan bumi kita..!!

“Semangat Menanam”

 

Leave comment

Your email address will not be published. Required fields are marked with *.